Alat yang digunakan dalam acara praktikum ketepatan dan ketelitian

a. Gelas piala (beaker)

Berupa gelas tinggi, berdiameter besar dengan skala sepanjang dindingnya. Terbuat dari kaca borosilikat yang tahan panas hingga suhu 200oC . Ukuran alat ini ada yang 50 mL, 100 mL dan 2 L.

Kegunaan:

  • Untuk mengukur volume larutan yang tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi
  • Menampung zat kimia
  • Memanaskan laruran
  • Sebagai media pemanasan cairan.

b. Erlenmeyer

Gelas yang diameternya semakin ke atas semakin kecil dengan skala sepanjang dindingnya. Ukurannya mulai dari 10 mL sampai 2 L.

Kegunaan :

  • Untuk menyimpan dan memanaskan larutan
  • Menampung filtrar hasil penyaringan
  • Menampung titran (larutan yang dititrasi) pada proses titrasi

c. Labu ukur :

Berupa labu dengan leher yang panjang dan bertutup, terbuat dari kaca dan tidak boleh terkena panas karena dapat memuai.Ukurannya mulai dari 1 mL hingga 2 L. Digunakan untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu dan mengencerkan larutan.

Cara menggunakan : mengisikan larutan yang akan diencerkan atau padatan yang dilarutkan. Tambahkan larutan yang dipakai sebagai pelarut sampai setengah labu terisi, kocok kemudian penuhkan labu sampai tanda batas. Sumbat labu, pegang tutupnya dengan jari, kocok dengan cara membolak-balikkan labu sampai larutan homogen.

d. Gelas ukur

Berupa gelas tinggi dengan skala di sepanjang dindingnya. Terbuat dari kaca atau plastik yang tidak tahan panas. Ukurannya mulai dari 10 mL sampai 2 L. Digunakan untuk mengukur volume larutan tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi dalam jumlah tertentu.

f. Buret

Berupa tabung kaca bergaris dan memiliki kran di ujungnya. Ukurannya mulai dari 5 dan 10 mL (mikroburet) dengan skala 0,01 mL, dan 25 dan 50 mL dengan skala 0,05 mL. Digunakan untuk mengeluarkan larutan dengan volume tertentu, biasanya digunakan untuk titrasi

Sebelum digunakan, buret harus dibilas dengan larutan yang akan digunakan. Cara mengisinya :

Kran ditutup kemudian larutan dimasukkan dari bagian atas menggunakan corong gelas. Jangan mengisi buret dengan posisi bagian atasnya lebih tinggi dari mata kita. Turunkan buret dan statifnya ke lantai agar jika ada larutan yang tumpah dari corong tidak terpercik ke mata. Jangan sampai ada gelembung yang tertinggal di bagian bawah buret. Jika sudah tidak ada gelembung, tutup kran. Selanjutnya isi buret hingga melebihi skala nol, lalu buka kran sedikit untuk mengatur cairan agar tepat pada skala nol.

g. Pipet ukur

Terbuat dari gelas, semua bagian dari pipet ini besarnya sama. Pipet ini memiliki skala 1 mL, 5 mL dan 10 mL. Digunakan untuk mengambil larutan dengan volume tertentu. Gunakan propipet atau pipet pump untuk menghisap larutan yang akan diambil.

h. Propipet

Terbuat dari karet atau plastik. Digunakan bersama pipet ukur untuk menghisap larutan yang akan diambil. Memiliki batas maksimal larutan yang bisa dihisap.

i.Pipet tetes

Terbuat dari gelas dengan ujung terbuat dari karet. Memiliki ukuran Digunakan untuk megambil larutan dalam jumlah kecil.

j. Pipet eppendorf ( mikropipet) & pipet tip

Mikropipet adalah alat untuk memindahkan cairan yg bervolume cukup kecil, biasanya kurang dari 1000 µl. Banyak pilihan kapasitas dlm mikropipet, misalnya mikropipet yg dapat diatur volume pengambilannya antara 1µl sampai 20 µl, atau mikropipet yg tidak bisa diatur volumenya, hanya tersedia satu pilihan volume misalnya mikropipet 5 µl. Dalam penggunaannya, mikropipet memerlukan tip.

Cara Penggunaan : 1. Sebelum digunakan Thumb Knob sebaiknya ditekan berkali-kali untuk memastikan lancarnya mikropipet. 2. Masukkan Tip bersih ke dalam ujung mikropipet. 3. Tekan Thumb Knob sampai hambatan pertama, jangan ditekan lebih ke dalam lagi. 4. Masukkan tip ke dalam cairan sedalam 3-4 mm. 5. Tahan pipet dalam posisi vertikal kemudian lepaskan tekanan dari Thumb Knob maka cairan akan masuk ke tip. 6. Pindahkan ujung tip ke tempat penampung yang diinginkan. 7. Tekan Thumb Knob sampai hambatan kedua  atau tekan semaksimal mungkin maka semua cairan akan keluar dari ujung tip. 8. Jika ingin melepas tip putar Thumb Knob searah jarum jam dan ditekan maka tip akan terdorong keluar dengan sendirinya, atau menggunakan alat tambahan yang berfungsi mendorong tip keluar.

k. Timbangan analitik

Timbangan analitik adalah alat untuk menimbang bermacam-macam bahan dengan ketelitian sampai beberapa angka dibelakang koma minimal 0,1. Timbangan ini digunakan untuk menimbang berbagai macam bahan dengan ketelitian dibawah 1 gram. Penunjukan angka berat bahan dengan menggunakan arus listrik sebagai sumber energi. Sebelum dioperasikan alat timbangan analitis harus ditera terlebih dahulu agar pengukuran berat bahan dapat terjamin.

l. Timbangan Semikasar

Kapasitas: 311 g, pan tunggal bahan stainless steel, ketelitian 10 mg. Digunakan melakukan pengukuran massa suatu benda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s